Phobia Sosial




Fobia sosial adalah ketakutan yang kuat adanya perasaan merasa selalu dihakimi oleh orang lain dan karenanya menjadi malu. Ketakutan ini bisa begitu kuat sehingga perasaan takut menghantui setiap saat ketika di jalan, akan bekerja, berangkat sekolah, atau melakukan aktivitas sehari hari lainnya.

Setiap orang pernah  merasa cemas atau malu pada satu waktu atau peristiwa  lain. Misalnya, bertemu orang-orang baru atau memberikan pidato publik dapat membuat orang gugup. Tetapi orang-orang dengan fobia sosial khawatir tentang hal ini dan hal-hal lain selama berminggu-minggu sebelum terjadi.

Orang dengan fobia sosial takut melakukan hal-hal yang umum di depan orang lain. Sebagai contoh, mereka mungkin takut untuk menandatangani cek di depan kasir di toko kelontong, atau mereka mungkin takut untuk makan atau minum di depan orang lain, atau menggunakan toilet umum. Kebanyakan orang yang memiliki fobia sosial tahu bahwa mereka
seharusnya tidak perlu merasa takut  secara berlebihan tetapi mereka tidak dapat mengendalikan rasa takut mereka. Kadang-kadang, mereka akhirnya tinggal jauh dari tempat atau peristiwa di mana mereka pikir mereka mungkin harus melakukan sesuatu yang akan mempermalukan mereka. Bagi sebagian orang, fobia sosial adalah masalah hanya dalam situasi tertentu, sementara yang lain memiliki gejala pada hampir semua situasi sosial.
Fobia sosial terkadang berlangsung dalam keluarga, tapi tidak ada yang tahu pasti mengapa beberapa orang memilikinya sementara yang lainnya tidak. Para peneliti telah menemukan bahwa beberapa bagian dari otak yang terlibat berperan  dalam ketakutan dan kecemasan. Dengan belajar lebih banyak tentang ketakutan dan kecemasan di otak, para ilmuwan mungkin dapat menciptakan pengobatan yang lebih baik. Para peneliti juga mencari cara di mana stres dan faktor lingkungan mungkin memainkan peran.
Orang dengan fobia sosial cenderung:
Menjadi sangat cemas ketika bersama  dengan orang lain dan perasaan  yang sulit berbicara dengan mereka, meskipun mereka berharap mereka bisa dan ingin.
Sangat sadar diri di depan orang lain dan merasa malu
dan memiliki perasaant takut bahwa orang lain akan menilai mereka.
Khawatir untuk
selama beberapa hari atau minggu sebelum acara di mana orang lain akan hadir, dan akan menjadi berkeringat dan gemetar bila berada bersama disekitar orang lain. Bahkan merasa mual dan sakit perut ketika berada dengan orang lain.
Memutuskan tinggal jauh dari tempat di mana ada orang lain
Memiliki waktu yang sulit
dan lama untuk membuat pertemanan dan memelihara pertemanan.
Wanita dan pria
memiliki peluang kemungkinan yang sama terhadap gangguan phobia social ini, yang biasanya dimulai pada masa kanak-kanak atau remaja awal. Ada beberapa bukti bahwa faktor genetik terlibat. Fobia sosial sering disertai dengan gangguan kecemasan lain atau depresi. Penyalahgunaan zat dapat berkembang jika orang mencoba mengobati diri sendiri untuk mengatasi kecemasan mereka.
Fobia sosial umumnya diobati dengan psikoterapi, obat-obatan, atau keduanya.

Psikoterapi. Jenis psikoterapi yang disebut terapi perilaku kognitif (CBT
: Cognitive Behaviour Therapy) sangat berguna untuk mengobati fobia sosial. Therapy ini mengajarkan orang cara berpikir yang berbeda, berperilaku, dan bereaksi terhadap situasi yang akan  membantu mereka merasa kurang cemas dan takut. Hal ini juga dapat membantu orang belajar dan berlatih keterampilan sosial.

Obat. Dokter juga mungkin meresepkan obat untuk membantu mengobati fobia sosial. Obat yang paling sering diresepkan untuk fobia sosial adalah obat anti-kecemasan dan antidepresan. Obat-obat anti-kecemasan yang kuat dan ada berbagai jenis. Banyak jenis mulai segera
bekerja, tetapi obat obatan umumnya tidak seharusnya dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.

Antidepresan digunakan untuk mengobati depresi, tetapi
 dapat juga membantu untuk fobia sosial. Antidepresan mungkin memakan waktu beberapa minggu untuk mulai bekerja. Beberapa dapat menyebabkan efek samping seperti sakit kepala, mual, atau kesulitan tidur. Efek samping ini biasanya tidak menjadi masalah bagi kebanyakan orang, terutama jika dosisnya dimulai rendah dan meningkat perlahan-lahan dari waktu ke waktu.
Sangat penting untuk mengetahui bahwa meskipun antidepresan dapat aman dan efektif bagi banyak orang, mereka mungkin berisiko bagi sebagian orang, terutama anak-anak, remaja, dan dewasa muda. Antidepresan dapat menyebabkan beberapa orang  memiliki pikiran untuk melakukan tindakan bunuh diri atau membuat usaha bunuh diri. Siapa pun mengambil antidepresan harus diawasi dengan baik, terutama ketika mereka pertama kali memulai pengobatan dengan obat-obatan.

Tipe lain dari obat yang disebut beta-blocker dapat membantu mengendalikan beberapa gejala fisik fobia sosial seperti keringat berlebih, gemetar,
dan berdegup kencang. Mereka paling sering diresepkan ketika gejala fobia sosial terjadi dalam situasi tertentu, seperti "demam panggung."


Referensi E Book SociologyLiterature :

http://www.mediafire.com/view/4f9yv2e12tj9bcj/Handbooks_of_Sociology_of_Mental_Health.docx

Handbook of the
Sociology of Mental Health 
Carol S. Aneshensel, Jo C. Phelan
Format PDF 43.3 MB
Pages 649

klik untuk melihat daftar isi 







Link :

Social anxiety hypnosis download
Social anxiety support and forum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...