Bagaimana Menulis Paper Sosiologi




Apakah hal yang paling penting untuk diingat ketika Anda menulis paper dalam sosiologi? perhatikan isu penting berikut ini :

ARGUMEN
Hal pertama yang harus diingat dalam menulis argumen sosiologis adalah harus sejelas mungkin dalam menyatakan pendapat  Anda. Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara individu dan kekuatan sosial yang lebih besar.  


Tradisi yang berbeda dalam sosiologi cenderung mendukung salah satu sisi persamaan di atas yang lain, dengan beberapa berfokus pada agensi  dari aktor-aktor individu (individual actors) dan sisi lainnya pada faktor-faktor struktural (structural factors). Bahayanya adalah bahwa Anda mungkin menganalisa terlalu jauh dalam salah satu dari arah ini dan dengan demikian kehilangan kompleksitas pemikiran sosiologis. Meskipun kesalahan ini dapat memanifestasikan dirinya dalam berbagai cara, tiga jenis argumen cacat sangat umum: "argumen individual"  ; "argumen bersifat manusiawi," dan "argumen kelompok masyarakat."

     "Argumen individu"
Individual Argumen umumnya mengambil bentuk ini: "Individu bebas untuk membuat pilihan-pilihan, dan hasil apapun dapat dijelaskan secara eksklusif dengan mempelajari  ide-ide dan keputusan-keputusannya. Tentu saja hal itu benar bahwa kita semua membuat sendiri pilihan, coba diingat  parafrase Marx, kita membuat pilihan ini dalam keadaan yang diberikan kepada kita oleh struktur masyarakat. Oleh karena itu, penting untuk menyelidiki kondisi apa membuat pilihan ini mungkin di peringkat pertama, serta apa yang memungkinkan beberapa individu untuk berhasil bertindak atas pilihan mereka sementara yang lain tidak bisa.
     "
Argumen manusiawi"  Human Nature Argumen ; berusaha untuk menjelaskan perilaku sosial melalui argumen kuasi-biologis tentang manusia, dan sering mengambil bentuk seperti: "Manusia secara alami adalah X, oleh karena itu tidak mengherankan bahwa Y."  Sementara itu sosiolog tidak setuju mengenai bahwa apakah sebuah sifat manusia yang bersifat universal itu ada, dan para sosiolog menyatakan bahwa itu tidak dapat diterima berdasarkan penjelasan. Sebaliknya, tuntutan sosiologi  lebih melihat ke dalam faktor-faktor sosial yang mengkonstruksi natural state.
      "Argumen masyarakat" sering muncul dalam menanggapi kritik dari gaya
argumentasi sebelumnya, dan cenderung muncul dalam bentuk seperti: "Masyarakat membuat saya melakukannya" Siswa sering berpikir bahwa ini adalah argumen sosiologis yang baik, karena menggunakan masyarakat sebagai dasar penjelasan. Namun, masalahnya adalah bahwa penggunaan konsep "masyarakat" adalah hanya seperti topeng yang menutupi  luasnya lingkup problem situasi sesungguhnya, sehingga tidak akan mungkin untuk membangun sebuah argumen yang kokoh. Ini adalah contoh ketika kita beralih ke hal-hal proses. Masyarakat benar-benar sebuah proses, yang terdiri dari interaksi yang sedang berlangsung di berbagai tingkat ukuran dan kompleksitas, dan mengubahnya menjadi hal yang monolitik adalah kehilangan semua kompleksitas. Orang-orang membuat keputusan dan pilihan. Beberapa kelompok dan individu mendapatkan manfaat, sementara yang lainnya tidak. Mengidentifikasi  tingkat intermediate ini adalah dasar dari analisis sosiologis.

Meskipun masing-masing dari tiga argumen tampaknya cukup berbeda, mereka semua berbagi satu fitur umum:
dan menganggap apa yang mereka perlu jelaskan. Argumen tersebut adalah titik awal yang sangat baik. Tetapi tidak dengan kesimpulan.

Setelah Anda telah mengembangkan argumen bekerja, Anda selanjutnya akan perlu menemukan bukti untuk mendukung klaim Anda. Apa yang dianggap sebagai bukti dalam sebuah makalah sosiologi? Pertama dan terpenting, sosiologi adalah disiplin empiris. Empirisme dalam sosiologi berarti mendasarkan kesimpulan Anda pada bukti yang didokumentasikan dan dikumpulkan dengan sebanyak ketelitian yang mungkin. Bukti ini biasanya mengacu pada pola dan informasi dari kasus yang dikumpulkan dan juga pengalaman. Anda akan membutuhkan bukti yang lebih sistematis untuk membuat klaim Anda meyakinkan. Di atas segalanya, ingatlah bahwa pendapat Anda saja tidak cukup dukungan untuk argumen sosiologis. Bahkan jika Anda membuat argumen teoritis, Anda harus mampu menunjukkan contoh dan mendokumentasikan fenomena sosial yang sesuai dengan argumen Anda. Logika diperlukan untuk membuat argumen, tapi tidak cukup dukungan dengan sendirinya.

BUKTI SOSIOLOGIS
Bukti sosiologis
dibagi
ke dalam dua kelompok utama: kuantitatif dan kualitatif.

     Data kuantitatif didasarkan pada survei, sensus, dan statistik. Ini memberikan sejumlah besar titik data, yang sangat berguna untuk mempelajari proses sosial berskala besar, seperti ketimpangan pendapatan, perubahan populasi, perubahan sikap sosial, dll
     Data kualitatif, di sisi lain, berasal dari observasi partisipan, wawancara mendalam, data dan teks, serta dari tayangan dan reaksi peneliti sendiri. Penelitian kualitatif memberikan wawasan cara orang secara aktif membangun dan menemukan makna dalam dunia mereka.

Data kuantitatif menghasilkan pengukuran karakteristik dan perilaku subyek, sedangkan penelitian kualitatif menghasilkan informasi mengenai makna dan praktek mereka. Dengan demikian, metode yang Anda pilih akan mencerminkan jenis bukti yang paling sesuai dengan pertanyaan
Anda . Jika Anda ingin melihat pentingnya ras dalam sebuah organisasi, sebuah studi kuantitatif mungkin menggunakan informasi tentang persentase ras yang berbeda dalam organisasi, apa posisi yang mereka pegang, serta hasil survei pada sikap orang-orang pada ras. Hal ini akan mengukur distribusi ras dan ras kepercayaan dalam organisasi. Sebuah studi kualitatif punya cara berbeda, mungkin berkeliaran kantor mempelajari interaksi masyarakat, atau melakukan wawancara mendalam dengan beberapa mata pelajaran. Peneliti kualitatif akan melihat bagaimana orang-orang bertindak sesuai keyakinan mereka, dan bagaimana keyakinan ini berinteraksi dengan keyakinan orang lain.

Sayangnya, banyak sosiologi telah terpecah menjadi dua kubu bersenjata
kan atas pertanyaan metodologis. Banyak cenderung eksklusif mendukung kualitatif atas data kuantitatif, atau sebaliknya, dan itu sangat masuk akal untuk mengandalkan hanya satu metode dalam pekerjaan Anda sendiri. Namun, karena masing-masing metode memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri, metode menggabungkan dapat menjadi cara yang sangat efektif untuk meningkatkan argumen Anda. Jangan terlalu cepat untuk membatasi diri hanya satu pendekatan.

Perbedaan ini tidak hanya penting jika Anda harus mengumpulkan data Anda sendiri untuk kertas Anda. Anda juga perlu menyadari dari mereka bahkan ketika Anda mengandalkan sumber-sumber sekunder untuk penelitian Anda. Dalam rangka untuk secara kritis mengevaluasi penelitian dan data yang Anda baca, Anda harus memiliki pemahaman yang baik tentang kekuatan dan kelemahan dari metode yang berbeda.

U
NIT ANALISIS

Mengingat bahwa kehidupan sosial sangat kompleks, Anda harus memiliki titik masuk
untuk mempelajari dunia ini. Dalam jargon sosiologis, Anda memerlukan unit analisis. Unit analisis yang tepat adalah: itu adalah unit yang telah Anda pilih untuk menganalisis penelitian Anda. Sekali lagi, ini hanya soal penekanan dan fokus. Anda akan menemukan berbagai unit analisis dalam tulisan sosiologis, mulai dari individu sampai dengan kelompok atau organisasi. Anda harus memilih berdasarkan pada kepentingan dan asumsi teoritis  yang mengarahkan penelitian Anda. Unit analisis akan menentukan dari apa yang memenuhi syarat sebagai bukti yang relevan dalam paper Anda. Dengan demikian Anda tidak hanya harus secara jelas mengidentifikasi unit tersebut, tetapi juga secara konsisten menggunakannya sepanjang kertas Anda.

Mari kita lihat contoh untuk me
ngetahui seberapa jauh mengubah unit analisis akan mengubah wajah penelitian. Bagaimana jika Anda ingin belajar globalisasi? Itu topik besar, sehingga Anda akan perlu fokus perhatian Anda. Di mana Anda akan mulai?

Anda mungkin fokus pada aktor individu manusia, mempelajari cara orang dipengaruhi oleh era globalisasi. Pendekatan ini mungkin dapat mencakup studi tentang pekerja
an, pengalaman, atau mungkin bagaimana konsumen  membuat keputusan membentuk sistem secara keseluruhan.

Atau Anda dapat memilih untuk fokus pada struktur sosial atau organisasi. Pendekatan ini mungkin melibatkan
dan melihat keputusan yang dibuat di tingkat nasional atau internasional, seperti perjanjian perdagangan bebas yang mengubah hubungan antara pemerintah dan perusahaan. Atau Anda mungkin melihat ke dalam struktur organisasi perusahaan dan mengukur bagaimana mereka berubah di bawah globalisasi.

Ini adalah contoh hanya umum tentang bagaimana studi sosiologis satu topik dapat bervariasi. Karena Anda bisa mendekati subjek dari perspektif yang berbeda, penting untuk menentukan awal bagaimana Anda berencana untuk fokus analisis Anda dan kemudian menempel dengan perspektif seluruh kertas Anda. Hindari pencampuran unit analisis tanpa justifikasi yang kuat. Unit yang berbeda dari analisis umumnya menuntut berbagai jenis bukti untuk membangun argumen Anda. Anda dapat mendamaikan berbagai tingkat analisis, namun hal ini mungkin memerlukan, teori canggih yang kompleks, tidak ada prestasi kecil dalam batas-batas kertas pendek. Periksa dengan instruktur Anda jika Anda khawatir tentang hal ini terjadi dalam makalah Anda.


Referensi E Book yang perlu Anda baca

http://ebooksociologyliterature.blogspot.com/p/blog-page_23.html


Writing for Sociology
2nd edition 2011
Compiled by Jennifer Jones, Sarah Quinn, Hana Brown

Pages : 109
Format PDF : 0.99 MB
lihat content di sini
pesan sekarang di sini





Berikut link sample sample essays untuk sosiology yang dapat anda pelajari lebih lanjut :

http://www.ukessays.com/services/example-essays/sociology/
http://www.123helpme.com/search.asp?text=sociology&page=1&sort=length
http://mycbseguide.com/download/415/


1 komentar:

  1. That is weird that your article is not in English. I would like to read more about it. Do you face the trouble with the English grammar? I know where you can avoid this trouble. At special-essays.com it wil be done by the professional writers. Use this coupon code to save your money g6oa39rW

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...