Sociology Music_ Sociomusicology



Sosiologi musik adalah studi tentang bagaimana manusia dan musik saling memberi dampak satu sama lain. Ini mencakup berbagai gagasan tentang bagaimana perubahan nilai-nilai sosial  dapat tercermin dalam musik populer dan budaya tertentu. Studi sosiologi musik ini mengamati  bagaimana dan mengapa kelompok budaya tertentu mengidentifikasi kuat dengan genre musik tertentu. Para sosiolog  yang fokus pada upaya ini mencoba mencari jawaban yang pasti tentang mengapa orang memiliki reaksi positif terhadap musik dan mengapa mereka terus mendengarkan jenis music favorit mereka itu.

Musik telah berdampak pada masyarakat, sepanjang masa selama manusia membuat musik dan mendengarkannya. Musik bahkan lebih jauh  telah bertindak sebagai sarana untuk memberikan suara terhadap budaya minoritas. Hal ini terlihat dalam bentuk musik seperti lagu-lagu heroik welsh, reggae pada umumnya, dan lagu-lagu pemberontak di Irlandia. Dengan cara ini, musik telah menjadi  sarana pemberontakan. Pada tahun 1950, ketika rock n 'roll lahir, salah satu kelompok demografis pertama yang tertarik untuk itu adalah remaja, tertarik untuk menyatakan gaya musik untuk tema tema pemberontakan dan ketidaksesuaian. Subkultur tertentu memunculkan gaya musik tertentu pula. Misal;  punk, techno, dan musik etnik semua mewujud dalam beberapa jenis subkultur yang meliputi juga gaya hidup.

Mempelajari sosiologi musik adakalanya mempelajari bagaimana suatu institusi menggunakan musik untuk tujuan tertentu. Beberapa organisasi keagamaan sering menggunakan musik sebagai bagian dari praktek ibadah mereka. Pemerintah nasional kadang-kadang menggunakan musik untuk membangkitkan perasaan patriotisme di masyarakat. Para ahli yang fokus menyelidiki penggunaan variasi musik mencoba menentukan benang merah dalam musik yang memungkinkan menangkap minat pendengar untuk tujuan yang berbeda.

Di antara sosiolog klasik yang paling terkenal dalam mengkaji aspek-aspek sosial dan efek musik antara lain Georg Simmel (1858-1918), Alfred Schutz (1899-1959), Max Weber (1864-1920) dan Theodor Adorno (1903-1969). Selain itu termasuk juga Alphons Silbermann, Charles Seeger (1886-1979), Howard Saul Becker, Jacques Attali dan John Mueller (1895-1965).

Referensi E Book untuk Anda
http://ebooksociologyliterature.blogspot.com/p/blog-page_75.html

The Rational and Social Foundation of Music
Max Weber
1958
Pages : 197
Format PDF 7.08 MB 

lihat content di sini
pesan e book di sini


Current of Music
Theodore W. Adorno
2009
Pages : 521
Format PDF : 1.89
http://ebooksociologyliterature.blogspot.com/p/music-that-w.html
Music that works
Contributions of biology, neurophysiology, psychology, sociology, medicine and musicology
Roland Haas, Vera Brandes
2009
Pages : 351
Format PDF : 6.06 MB

lihat content di sini
pesan sekarang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...