Sumbangan Pemikiran Herbert Marcuse

Kritik Marcuse atas masyarakat kapitalis (khususnya sintesisnya terhadap Marx dan Freud pada 1955, Eros and Civilization, dan bukunya pada 1964 One-Dimensional Man beresonansi dengan kepentingan gerakan mahasiswa pada 1960-an. Karena kesediaannya untuk berbicara pada protes mahasiswa, Marcuse segera dikenal sebagai "Bapak dari Kiri Baru di Amerika Serikat", sebuah istilah yang sangat tidak ia sukai dan ingkari. Karya-karyanya sangat memengaruhi diskursus intelektual pada budaya popular dan kajian akademik budaya popular. 




Ia mendapat banyak permintaan ceramah di AS dan Eropa di akhir 1960-an dan 1970-an. Ia menjadi teman dekat dan inspirator dari filsuf Perancis André Gorz.
Marcuse mengkritik penahanan pemberontak Jerman Timur Rudolf Bahro (pengarang Die Alternative: Zur Kritik des real existierenden Sozialismus [terj., The Alternative in Eastern Europe]), dengan mendiskusikan teori Bahro tentang "perubahan dari dalam" pada esainya pada tahun 1979.

Pandangan Marcuse terhadap kapitalisme bisa ditelusuri akarnya ke salah satu konsep utama Karl Marx: Objektifikasi. Marx percaya bahwa kapitalisme mengeksploitasi manusia; dan apa yang para buruh lakukan sejatinya adalah proses mendehumanisasi diri mereka menjadi objek fungsional. Marcuse mengambil pandangan ini dan mengembangkannya. Ia percaya kapitalisme dan industrialisasi menekan kaum buruh begitu kuat, hingga kaum buruh mulai melihat diri mereka sendiri sebagai objek yang mereka produksi. Pada One-Dimensional Man ia menyatakan, "Rakyat mengenali diri mereka sendiri di dalam komoditas-komoditas; mereka menemukan jiwa mereka di dalam otomobil mereka," yang berarti kapitalisme mendegradasi manusia hingga menjadi komoditas-komoditas yang mereka ciptakan, memberikan komoditas sifat penting yang lebih dari diri sendiri.

Karya Penting Herbert Marcuse :
Reason and Revolusion (1941)
Eros and Civilization (1955)
One-Dimensional Man (1964)

Bibliography :
The Struggle Against Liberalism in the Totalitarian View of the State (1934)
Reason and Revolution (1941)
Eros and Civilization (1955)
Soviet Marxism: A Critical Analysis (1958)
One-Dimensional Man (1964)
Repressive Tolerance (1965)
Negations (1968)
An Essay on Liberation (1969)
Counter-Revolution and Revolt (1972)
Studies in Critical Philosophy (1973)
On the Problem of the Dialectic. (1976).
The Aesthetic Dimension (1978)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...